PASANG IKLAN

Alat pernafasan pada hewan

Alat Pernafasan pada Hewan

1. Ikan 
Hasil gambar untuk alat pernapasan pada ikan
Ikan bernafas dengan insang yang berjumlah 4 pasang yang terletak di sebelah kanan dan kiri kepala. Bagan-bagian insang berbentuk lembaran ang disebut lembaran insang. Tempat melekatnya lembaran insang adalah lengkung insang yang berwarna putih. Ikan memiliki gelembung renang yang berguna untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak naik turun. Ikan yang hidup di lumpur memiliki lipatan-lipatan pada insang yang disebut labirin. Labirin berfungsi untuk menyimpan cadangan oksigen. Ikan yang hidupdi lumpur misalnya ; Ikan Gabus, Lele, Betok, dan Gurame.

2. Cacing Tanah
Bernafas dengan permukaan kulit. Tubuh cacing tanah tertutup oleh selaput bening dan tipis yang disebut Kutikula. Tempat lembab membantu cacing pada proses pernafasan.

3. Burung
Bernafas dengan paru-paru dan dibantu dengan pundi-pundi (kantng) udara. Pundi-pundi udara ini berguna menyimpan udara pada waktu terlarang. Proses pernafasan burung :
Hidung - tenggorok - pundi pundi udara - paru paru.

4. Serangga
Bernafas dengan Trakea. Trakea merupakan pembuluh-pembuluh halus yang bercabang-cabang. Pada ujung pembuluh terdapat lubang-lubangpernafasan yang disebut Stigma. Stigma adalah lubang yang terletak di sisi tubuh bagian kanan dan kiri yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara. Contoh : Capung, Nyamuk, Belalang, Lalat, Kupu-kupu, dll. Pada serangga pernafasan dimulai dengan masuknya udara melalui Stigma.

5. Katak
Katak dapat hidup di 2 alam. Katak mengalami metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna. Dimulai dari Telur - Berudu - Katak muda - Kata Dewasa. Berudu bernafas dengan 3 pasang insang luar. Setelah 9 hari berudu bernafas dengan insang dalam. KatakDewasa bernafas dengan paru-paru.. Pernafasan Katak juga dibantu permukaan kulit. Melalui kulit yang basah, katak mengikat oksigen.

6. Mamalia
Hewan Mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya. Contoh : Kambing, Tikus, Gajah. Mamalia yang hidup di air : Paus dan Lumba-lumba. Hewan mamalia bernafas dengan paru-paru.











0 Response to "Alat pernafasan pada hewan"

Post a Comment

wdcfawqafwef